Header Ads

ad728
  • Breaking News

    ICT, Kenapa tidak ?

    ICT (Information and Communication Technology) dan Media Pembelajaran, kata yang tidak terlalu asing ditelinga kita. Terutama bagi seorang pengajar, baik dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Kalau kita menelisik lebih dalam, Fungsi media pembelajaran untuk memudahkan para pengajar untuk menyampaikan secara tepat dan efisien kepada siswa.
    Media pembelajaran berbasis IT tentunya tidak begitu berguna jika sumber daya manusianya kurang mumpuni dalam teknologi, tapi itu semua bisa diakali dengan berbagai macam pelatihan dan lain pembelajaran yang diadakan bagi guru dan pendidik yang nantinya dapat diterapkan dalam proses pembelajaran.
    Bagi seorang yang mengerti teknologi, tentunya tidak asing dengan LMS (Learning Management System), yaitu sebuah portal online yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran berbasis Web, sebagai contoh LMS tersebut adalah Moodle. Sekarang ini banyak sekolah-sekolah dan perguruan tinggi yang menggunakan LMS Moodle untuk media pembelajaran. Disana kita bisa membuat materi pembelajaran berbasis web, tidak hanya itu saja, kita juga bisa menambahkan latihan soal dan quiz. Kita dapat secara penuh mengontrol dan mengelola apa saja yang kita muat didalamnya, dari mulai soal-soal essay dan multiple choice. Bagi guru yang tidak mengerti bahasa pemrograman pun bisa dengan mudah memanfaatkan media LMS Moodle ini.
    Bagaimana membuatnya? Kalau kita ingin membuat sebuah portal online, tentunya yang kita butuhkan adalah server hosting sebagai media simpan LMS Moodle tersebut, nah inilah yang perlu siasati, kalau kita tidak punya server (hosting), jangan berkecil hati karena sudah tersedia portal LMS secara gratis. Pertama yang dilakukan adalah mendaftar di ninehub.com atau freewebclass.com. memang kita tidak bisa mengontrol secara penuh portal tersebut, tapi kita bisa memanfaatkan sebagian besar menu-menu di dalamnya. Portal gratis ini berbasis Moodle, jadi setelah terdaftar, kita mengekor ke domain freewebclass.com, sebagai contoh namaanda.freewebclass.com. Bagi para pengajar dapat memanfaatkan media ini untuk proses pembelajaran. Selamat Mencoba.


    Nurul Hilal Ayyidar, SPd.
    Staff Pengajar SMK NU Ma'arif 2 Kudus


    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ad728