Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Mengupas Teknologi I-VTEC di Mobil Honda


    Kebanyakan dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Vtec dan i-vtec yang di terapkan sebagian besar mobil keluaran honda. Sekitar tahun 90an honda sudah mengenalkan teknologi i-vtec ini di Indonesia, diantaranya melalui sedan kelas medum seperti Civic Genio dan Accord Cielo.
    Salah satu cara yang di tempuh Honda sehingga sekarang sukses menjadi salah satu pabrikan besar yang di favoritkan masyarakat, sebagian sebabnya adalah dengan diterapkannya teknologi i-Vtec ini pada mobil-mobil buatannya. Meski harga jual mobilnya terkadang lebih tinggi dari saingannya, tetap saja menjadi pilihan, sebab terdapat beberapa kelebihan yang di miliki kendaraannya.
    Sebutan I-VTEC Honda, yang berarti Intelligent Variable Valve Timing and lift Electronic Control. Bagi yang belum mengenal teknologi ini berikut penjelasannya.


    teknologi-i-vtec-honda


    SISTEM KERJA I-VTEC
    I-Vtec adalah sebuah teknologi yang di terapkan pada mesin yang sudah menganut sistim injeksi, yang fungsi utamanya adalah mengatur bukaan katup pada jeroan mesin agar bekerja sesuai dengan keperluannya, artinya di saat mobil memerlukan akselerasi cepat dengan putaran mesin (Rpm) sekitar 4000 hingga 5.000 keatas, maka bukaan katup akan semakin besar demi menyediakan performa yang maksimal, sebaliknya di saat melaju pelan seperti di saat lalu lintas padat, bukaan katup pun akan membuka dengan seperlunya.
    Itu semua menjadikan tenaga tidak terbuang percuma, karena semua sudah di atur secara computerized. Dan efek yang dihasilkan tentunya pemakaian bahan bakar yang semakin efisien tanpa mengorbankan performa, maka tidak heran mobil-mobil keluaran honda bisa bertenaga hebat dengan konsumsi bbm yang irit.
    Kini I-Vtec telah di terapkan pada sebagian besar mobil Honda yang beredar di Indonesia, mulai dari kelas City car andalan yaitu Honda Jazz, hingga mobil kelas premium semacam Accord dan Odyssey. Meski kapasitas mesin rata-rata sebanding dengan rival pabrikan mobil lainnya, namun performa serta efesiensi honda bisa lebih unggul.


    SUMBER : https://www.holyhonda.com/mengupas-teknologi-i-vtec-honda/

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ad728