Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Edublog, Media untuk Guru

    Edublog, Apa itu? Semakin beragamnya Learning Management System yang dapat digunakan sebagai sarana proses belajar mengajar antara pendidik dan peserta didik, tentunya dapat menambah sejumlah variasi dalam proses pembelajaran jikan digunakan . Salah satu diantaranya adalah blog, media yang dapat digunakan untuk media curhat, catatan berbasis online, berbisnis, dan juga bisa digunakan untuk pembelajaran. 
    Edublog jika diterjemahkan secara sederhana adalah education blog, blog yang dimanfaatkan sebagai sarana penunjang, bisa dikatakan suplemen untuk peserta didik diluar jam kegiatan belajar mengajar. Blog juga bermacam-macam, kalu kita membuat blog, kita hanya mengekor ke domain tertentu, jadi kita hanya sebagai sub domain, dengan menjadi sub domain tersebut kita tidak bisa seenaknya menikmati fasilitas seperti blog/web berbayar dengan domain sendiri.
    Nah, bagi guru, blog yang bagaimanakah yang dibutuhkan? Kalau kita membutuhkan suatu interaksi antara guru dan murid, atau dalam kata lain siswa dan guru berkumpul menjadi satu dalam satu forum. Blog yang dibutuhkan adalah yang dapat memberikan fasilitas penambahan author atau anggota dalam satu blog yang digunakan pembelajaran. Lain halnya kalau kita sebagai guru TIK misalnya, ingin memberi tugas kepada peserta didik dalam penguasaan materi html, tentunya kita juga bisa mengajarkan kepada peserta didik untuk membuat blog yang berbasis html. Kalau misalnya blog yang kita butuhkan adalah adanya interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam evaluasi pembelajaran, kita bisa memanfaatkan blog yang berbasis LMS Moodle.
    Berikut ini adalah daftar blog yang patut dipertimbangkan untuk dijadikan referensi media pembelajaran :
    1. http://edublog.org  berbasis wordpress. Kita bisa menambahkan author-author atau penulis baru dalam satu blog tersebut.
    2. http://freewebclass.com berbasis LMS Moodle. Kita bisa membuat latihan soal multiple choice dan essay, bahkan soal yang keluar bisa disesuaikan yang kita inginkan.
    3. http://ninehub.com berbasis LMS Moodle, hampir serupa dengan freewebclass.
    4. http://blogger.com berbasis html. Kita bisa mengatur sedemikian rupa dan sesuai keinginan kita, cocok untuk pengenalan html bagi siswa.
    Selain yang saya sebutkan diatas, sebenarnya masih banyak blog yang dapat dijadikan media pembelajaran. Demikian yang bisa saya sampaikan, meskipun sedikit saya berharap dapat bermanfaat.

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ad728