Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Belajar tak Melulu di Kelas

    Kata "belajar" banyak diasumsikan orang dengan membaca buku, di kelas dan suasana tegang. Nah, selain itu, kita juga sering melihat banyak orang yang bermain dan berlalu lalang sambil menenteng handphone, mungkin kalo dihitung-hitung sebagian besar masyarakat di Indonesia adalah pengguna HP.  
    Selain HP digunakan orang untuk berkomunikasi, disisipkan pula beberapa teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk sarana pembelajaran, sebagai contoh HP yang beredar di Indonesia itu dari berbagai macam jenis, mulai dari HP yang suppot operating system dan berbasis J2ME, kecuali HP jadul (jaman dulu). Diantara HP yang support operating system  dan J2ME inilah yang dapat kita manfaatkan sebagai media belajar. Apakah itu? kalau HP kita berbasis OS (operating system), tentunya kita bisa lebih mengeksplor lebih dalam, karena HP yang ber-OS lebih pintar dibandingkan dengan HP yang belum ber-OS, OS disini bisa berbasis Windows Mobile, Mac, Symbian, Blackberry dll. Dengan HP ber-OS tentunya kita tidah usah susah-sunah menambah aplikasi-aplikasi pendukung untuk membuka file berbasis .doc, .xls, maupun .pdf, karena di dalam peranngkat HP sudah terselip aplikasi pembaca bahkan kita juga bisa membuatnya.
    Kaitannya apa dengan belajar? Kalo kita cermati, banyak sekolah-sekolah yang sudah mengunakan media pembelajaran berbasi IT (Information Technology), mulai dari powerpoint sampai yang namanya pembelajaran berbasis Web dan Blog. Kalau kita mempunyai perangkat yang suppot dengan teknologi tersebut, kenapa tidak kita gunakan!. Meski HP dibuat untuk komunikasi, kalo kita bisa menggunakannya untuk sarana belajar tentunya manfaatnya akan lebih besar bagi kita dan generasi berikutnya. Siswa-siswi sekarang sudah banyak yang menggunakan HP, bahkan HP nya bagus-bagus dan mahal. Kalau hanya digunakan untuk sms saja kan mubadzir, kita bisa gunakan untuk membaca buku, powerpoint dan lain-lain. 
    Teringat ketika saya masih belajar dikampus 5 tahun yang lalu, dan belum punya komputer, saya selalu berfikir bagaimana caranya supaya saya bisa mengerjakan tugas-tugas kuliah saya tanpa harus keluar duit untuk menyewa komputer di rental ataupun ke warnet. Nah, pada saat itu yang saya punya adalah handphone N-gage, saya cari cara lah bagaimana caranya saya mengetik tugas-tugas saya dengan hp saya. Akhirnya terjawablah keinginan saya, saya membuka aplikasi seleq, dan ternyata ada bagian menu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat file, hasil akhirnya berformat .txt, nah dari situlah saya gunakan untuk mengetik tugas perkuliahan saya sampai saya punya komputer diakhir-akhir menjelang lulus. 
    Pada saat ini yang serba IT, sampai buku sekolah juga berbasis IT, yang bisa kita unduh secara gratis di internet sangat memudahkan kita untuk belajar dimanapun dan kapanpun melaui handphone.







    Post Top Ad

    Post Bottom Ad

    ad728